Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Pentingkah Guru Inspiratif itu?

Pentingkah Guru Inspiratif itu?

Guru yang inspiratif adalah guru yang tidak hanya mengajar saja, tetapi juga bisa menanamkan pengaruh positif kedalam jiwa anak didiknya, bahkan lebih dari itu, mampu mengubah prinsip hidup para siswanya, yang dengan pengaruh positif tersebut menjadikan spirit perubahan dalam diri siswanya untuk bisa menjadi orang-orang yang memiliki masa depan yang lebih baik, sehingga guru-guru yang inspiratif akan selalu dikenang didalam diri para siswanya.

            Guru Inspiratif akan senantiasa memberikan motivasi dan modal kepada para siswanya untuk mampu menghadapi perubahan. Tantangan dan ujian  di masa depan akan bisa diatasi, walaupun tantangan dan ujian tidak ringan. Para siswa selalu disuntik untuk terus semangat yang tak pernah kendur dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat.

            Guru Inspiratif adalah guru yang memiliki orientasi jauh lebih luas. Guru inspiratif tidak hanya terpaku pada kurikulum, tetapi lebih dari itu mempunyai orientasi yang lebih jauh dan lebih luas dalam mengembangkan potensi dan bakat serta kemampuan para siswanya, ia mengajak anak-anak asuhnya untuk berpikir kreatif, dan mendorong siswa-siswinya untuk melihat sesuatu dari luar mengubahnya di dalam, lalu membawa kembali keluar, kemasyarakat luas. Guru Inspiratif akan menelurkan pemimpin-pemimpin yang berani membawa perubahan yang lebih baik, bisa menjaga tradisi yang sudah baik dan menemukan tradisi baru yang lebih baik.

            Guru inspiratif adalah guru yang mampu memegang prinsip care, share and trust. Care maksudnya adalah guru mampu memberi perhatian pada siswa dari latar belakang siswa yang berbeda-beda, bisa merangkul, memberi semangat dan memotivasi siswa di kelas. Share artinya guru mampu membagi ilmu yang dimiliki dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menantang bagi para siswanya, dan mampu merancang strategi pembelajaran, method dan media yang menarik bagi siswa-siswinya. Trust artinya adalah guru bisa menjadi sosok yang dapat dipercaya dan bisa memberi teladan serta menanamkan karakter yang baik bagi para siswanya di sekolah.

Semoga kita bisa menjadi bagian dari guru inspiratif  amin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat penting pak. Guru inspiratif adalah guru idaman siswa dan teman sejawat. Semoga kita bisa menjadi guru inspiratif. Semoga tulisan bapak di baca oleh semua guru seIndonesia sehingga guru termotivasi menjadi guru inspiratif. Salam kenal dan salam literasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bapak Mohammad Rahmat

16 Jan
Balas

Ini dia guru inspirasiku. Mantap pak. Hebat sekali

13:54
Balas

Saya juga lagi mencari Inspirasi dari Bapakbapak yang sudah senior di Gurusiana ini, seperti P.Kabul dan P.Mulya..

16:15
Balas
search