Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Memaksimalkan Tugas dan  Peran pemimpin Dalam Kehidupan

Memaksimalkan Tugas dan Peran pemimpin Dalam Kehidupan

Dalam kehidupan ini, manusia sudah diberi peran berbeda-beda oleh Yang Maha Pencipta, ada yang diberi peran sebagai Kepala atau istilahnya sebagai pemimpin, baik pemimpin paling kecil yaitu keluarga, ataupun pemimpin yang cakupanya agak luas misalnya kepala sekolah, atau juga cakupanya yang sangat luas seperti Kepala Negara. 

Di Kepala itu ada telinga, ini memiliki maksud bahwa pemimpin harus pandai mendengarkan aspirasi, keluhan, bawahanya. telinga dikepala juga sebagai simbol bahwa seorang pemimpin harus siap mendengarkan kritik dari rakyat dan bawahanya, walaupun kritik tersebut kadang terasa sangat pedas. jangan sampai pemimpin tidak memfungsikan daya dengarnya dengan bersikap seperti orang yang tuli, tentu ini bisa fatal akibatnya.

Ada mata dikepala, ini sebagai symbol bahwa pemimpin itu harus bisa melihat penderitaan rakyat atau bawahanya, jangan sampai pemimpin kurang memperhatikan apa yang terjadi pada anggotanya, apalagi berlaku seperti orang yang buta. Tentu ini menyalahi peran dan fungsi mata bagi kepala itu.

Terdapat hidung dikepala, ini juga sebagai peringatan bagi pemimpin untuk bisa selalu siap untuk menerima aroma yang sedap yang iya cium,maupun aroma yang busuk, artinya pemimpin harus siap menerima gossip bahkan fitnah yang dimunculkan oleh khalayak umum. Aroma sedap artinya berita baik mengenai dirinya ia siap dan tak mudah jumawa, ataupun aroma sedap yang berarti pergunjingan dan fitnahan dari orang-orang yang mungkin tidak suka terhadap pemimpin, tentu ia harus siap menerima dan harus sabar terhadap hal itu.

Dikepala juga ada mulut, ini menunjukan bahwa pemimpin harus bisa memberikan masukan-masukan juga nasehat-nasehat terhadap bawahanya, terkadang dari mulut ini perlu mengeluarkan bentakan yang keras terhadap rakyat melakukan pelanggaran.

Dikepala juga ada otak, pemimpin idealnya adalah orang yang cerdas, mampu memberikan solusi terhadap masalah yang menimpa rakyatnya, cerdas dalam menagkap peluang demi kemajuan rakyatnya, cerdas dalam membangun peradaban yang lebih maju bagi rakyatnya..

Semoga bermanfaat…

Bojonegoro, 14 Januari 2020  


DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search